www.indo-industry.com
HMS Industrial Networks AB

Pertumbuhan berkelanjutan untuk Ethernet Industri dan jaringan nirkabel - Pangsa pasar jaringan industri 2023 menurut HMS Networks

Setiap tahun, HMS Networks menganalisis pasar jaringan industri untuk memperkirakan distribusi node baru yang terhubung dalam otomatisasi pabrik.

Pertumbuhan berkelanjutan untuk Ethernet Industri dan jaringan nirkabel - Pangsa pasar jaringan industri 2023 menurut HMS Networks

Studi tahun ini menunjukkan bahwa pasar jaringan industri diperkirakan akan tumbuh 7% pada tahun 2023. Ethernet Industri masih menunjukkan pertumbuhan tertinggi, dan kini menguasai 68% node baru yang terpasang (tahun lalu 66%). Pangsa pasar fieldbus turun jadi 24% (27), sedangkan nirkabel naik jadi 8% (tahun lalu 7%). PROFINET dan EtherNet/IP sama-sama menduduki peringkat pertama jaringan dengan pangsa pasar 18%, lalu disusul EtherCAT yang kini jadi pesaing kuat dengan pangsa pasar 12%. 
 
Setiap tahun, HMS Networks membuat analisis pasar jaringan industri yang berfokus pada node baru yang terpasang dalam otomatisasi pabrik secara global. Sebagai penyedia solusi yang independen di dalam ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Industri, HMS memiliki informasi penting seputar pasar jaringan industri. Studi 2023 ini menginformasikan perkiraan pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan untuk fieldbus, Ethernet Industri, dan teknologi nirkabel.

Pada studi 2023, HMS menyimpulkan bahwa pasar jaringan industri terus tumbuh dan total pertumbuhan pasar di 2023 diperkirakan naik 7%. Temuan ini menguatkan pentingnya konektivitas jaringan berkelanjutan di pabrik.

Ethernet Industri tumbuh stabil
Dengan pertumbuhan 10%, Ethernet Industri terus meningkatkan pangsa pasarnya. Ethernet Industri kini memegang 68% pasar global node yang terpasang di otomatisasi pabrik (dibandingkan tahun lalu, yakni 66%). Persaingan langsung antara PROFINET dan EtherNet/IP berlanjut karena keduanya memimpin peringkat jaringan 2023 dengan pangsa pasar yang sama-sama 18%, tetapi EtherCAT juga tidak tertinggal jauh dan kini merengkuh peringkat ketiga dengan pangsa pasar 12%.

Fieldbus turun lagi
Pertumbuhan fieldbus tahun lalu hanya berlangsung sementara, karena pemasangan fieldbus baru turun 5% pada tahun 2023. PROFIBUS memimpin peringkat fieldbus dengan pangsa pasar 6%, tetapi ditempel ketat oleh Modbus-RTU yang punya pangsa pasar 5%.

Jika ditotal, fieldbus menguasai 24% (27) pasar pada tahun 2023. Meskipun jumlah node fieldbus yang baru menurun, masih banyak perangkat, mesin, dan pabrik yang akan tetap bergantung pada fieldbus yang teruji dan berfungsi dengan baik untuk tahun-tahun yang akan datang.

Nirkabel memiliki pertumbuhan terpesat
Pertumbuhan Wireless naik jadi 22% pada tahun 2023 karena solusi jaringan industri nirkabel diperkenalkan ke dalam otomatisasi pabrik. Kasus penggunaan umum meliputi alternatif selain kabel, akses mesin secara nirkabel, dan konektivitas untuk peralatan industri bergerak.

Jaringan industri adalah kunci untuk produktivitas dan keberlanjutan dalam produksi

»Konektivitas jaringan industri yang solid adalah kunci dalam mencapai target waktu beroperasi produksi yang diperlukan untuk meraih tujuan produktivitas dan keberlanjutan di otomatisasi pabrik,» ucap Magnus Jansson, Product Marketing Director di HMS Networks, Business Unit Anybus. »Kualitas, keamanan, keselamatan, dan memperoleh informasi melalui data perangkat dan mesin adalah faktor penggerak utama yang harus didapatkan demi perluasan jaringan industri yang berkelanjutan.»

Variasi jaringan regional
EtherNet/IP, PROFINET, dan EtherCAT memimpin di Eropa dan Timur Tengah, disusul dengan PROFIBUS dan Modbus-TCP yang menduduki peringkat kedua. Pasar AS didominasi oleh EtherNet/IP, disusul dengan EtherCAT yang berkembang pesat dan pangsa pasarnya naik. PROFINET memimpin sebagian pasar Asia, diikuti dengan EtherNet/IP dan pesaing kuat CC-Link/CC-Link IE Field, EtherCAT, PROFIBUS, dan Modbus (RTU/TCP).

Cakupan:
Studi ini menginformasikan perkiraan HMS untuk tahun 2023 berdasarkan jumlah node baru yang terpasang dalam Otomatisasi Pabrik. Node didefinisikan sebagai mesin atau perangkat yang terhubung ke jaringan di bidang industri. Angka yang tersaji mewakili pandangan terkonsolidasi HMS, mempertimbangkan informasi dari kolega di industri, statistik penjualan kami, dan persepsi pasar secara keseluruhan.



Pertumbuhan berkelanjutan untuk Ethernet Industri dan jaringan nirkabel - Pangsa pasar jaringan industri 2023 menurut HMS Networks

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

HMS Industrial Networks AB
HMS Networks Memperluas Jajaran Gateway Generasi Berikutnya dengan Anybus Communicator EtherCAT Main Device
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • IT
  • Industry 4.0
HMS Industrial Networks AB
HMS Networks meluncurkan Anybus Wireless Bolt II untuk membantu perusahaan industri meningkatkan waktu beroperasi
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • Maintenance
  • IT
  • Industry 4.0
HMS Industrial Networks AB
HMS Networks memperluas merek Anybus yaitu Anybus Diagnostics
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • Maintenance
  • IT
  • Industry 4.0

Join the 155,000+ IMP followers