www.indo-industry.com
HAIMER

Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase

Grup Haimer menjadi pemegang saham 25% di WinTool AG dan menyetujui kemitraan strategis dengan Grup TCM, yang memberikan hak distribusi global kepada HAIMER untuk WinTool dan Toolbase.


Sebelum mengambil keputusan untuk mengakuisisi saham perusahaan ini, WinTool dan Toolbase diperkenalkan di fasilitas produksi milik Haimer dan diuji untuk penggunaan terus-menerus, membuktikan manfaatnya dalam waktu yang sangat singkat. Di masa depan, TCM akan mengandalkan HAIMER sebagai pemasok strategis di bidang tool holder, mesin shrinking, mesin balance dan mesin presetting dalam bisnis inti Tool Management.

Tool Management menjadi semakin penting di perusahaan manufaktur. HAIMER, pemain global dan pemimpin pasar dalam tool holding dan presetting, telah menawarkan solusi tool room yang inovatif selama bertahun-tahun, di mana mesin shrinking, balancing, dan presetting HAIMER memastikan efisiensi yang tinggi.

Di EMO 2023, HAIMER mengambil langkah maju yang penting dan sejak saat itu telah sukses menawarkan produk perangkat kerasnya untuk peralatan mesin bersama dengan rangkaian digital canggih yang terdiri dari perangkat lunak WinTool, sistem tool management independen, dan Toolbase, sistem tool dispensing pintar dengan perangkat lunak dan komponen perangkat keras. Untuk mewujudkan hal ini, HAIMER menjalin kemitraan kompetensi dengan TCM Group, yang mencakup WinTool AG dan Achterberg GmbH, yang telah membangun reputasi luar biasa sebagai pengembang dan produsen solusi WinTool dan Toolbase selama bertahun-tahun. Kemitraan ini kini telah didasari secara strategis dan jangka panjang dengan 25% kepemilikan saham di WinTool AG dan dikonsolidasikan melalui perjanjian distribusi global lebih lanjut. Hal ini memungkinkan HAIMER untuk menawarkan dan mendistribusikan kedua lini produk tersebut kepada mitra distribusi dan pelanggannya di seluruh dunia.

Markus Temmel, CEO TCM, sangat gembira dengan mitra baru dan investor utama di WinTool AG serta kerja sama global dengan HAIMER: "Pada tahun 2023, kami bekerja sama dengan sangat intensif dan mampu mencapai kesuksesan yang signifikan dalam waktu yang sangat singkat. Portofolio produk HAIMER dan TCM Group saling melengkapi dengan sempurna dan pemahaman bersama kami mengenai kebutuhan pelanggan akan menghasilkan solusi keseluruhan yang lebih kuat. Kedua mitra mewakili solusi praktis dan berkualitas tinggi yang diarahkan pada manfaat jangka panjang Selain itu, kami yakin bahwa rangkaian produk HAIMER akan memperkaya jangkauan layanan kami di bidang bisnis Tool Management dan memperkuat posisi pasar kami serta klaim kami sebagai pemimpin pasar untuk layanan Tool Management. Semua pelanggan Tool Management TCM di seluruh dunia akan mendapatkan keuntungan dari ini di masa depan. Kami berharap dapat mengkonsolidasikan kemitraan strategis ini dan menyambut HAIMER sebagai pemegang saham di WinTool. "

Penawaran untuk Tool Management digital
Andreas Haimer, Presiden HAIMER Group, menjelaskan: "Kemitraan strategis dengan TCM dan investasi di WinTool sangat sesuai dengan strategi kami: Kami ingin menawarkan kepada pelanggan kami di seluruh dunia konsep sistem yang koheren sehubungan dengan digitalisasi dan otomatisasi manajemen tool room. Hal ini memerlukan produk yang mudah diimplementasikan dan solusi perangkat lunak intuitif yang memungkinkan pengguna meningkatkan produktivitas di pabrik. Dengan produk WinTool dan Toolbase kami yang baru, kami dapat menawarkan solusi terlengkap di pasar kepada pelanggan kami. Dalam waktu singkat hanya dalam waktu empat bulan, kami memperkenalkan sistem ini di fasilitas produksi besar kami yang memiliki lebih dari 200 mesin CNC. Pengalaman positif kami dan masukan pelanggan yang luar biasa di EMO 2023, serta kerja sama penuh kepercayaan dengan tim TCM, telah mendorong kami untuk mengambil langkah berikutnya melangkah dengan WinTool dan TCM."

Perangkat lunak diimplementasikan dalam fasilitas produksi sendiri
Seperti yang selalu terjadi, HAIMER terlebih dahulu menguji produk baru yang mereka bawa ke pasar di fasilitas produksinya sendiri. "Kami adalah perusahaan manufaktur, yang memproduksi hingga 4.000 tool holder setiap hari di kantor pusat kami di Igenhausen dan pabrik Motzenhofen. Kami juga memproduksi sendiri sensor 3D, mesin shrink fit, mesin balancing, dan mesin presetting. Oleh karena itu, kami juga sangat tertarik untuk mengoptimalkan Tool Management kami secara terus menerus," jelas Andreas Haimer.

HAIMER berhasil memperkenalkan perangkat lunak WinTool, termasuk sistem dispensing Toolbase dengan konektivitas terintegrasi penuh ke perangkat HAIMER, dalam waktu yang sangat singkat. “Implementasi sederhana dari produk-produk ini sudah menjadi faktor awal yang penting,” jelas Stefan Echle, Kepala Manajemen Produk di HAIMER, yang bertindak sebagai manajer proyek dan penghubung antara pemasok, TI, tool room, dan produksi selama pengenalan produk. “Dalam waktu singkat yang tersedia, kami memasukkan semua alat, suku cadang, dan item C yang ada – tidak kurang dari 10.000 item – sebagai kembaran digital dalam database pusat WinTool dan juga mendigitalkan pengetahuan aplikasi HAIMER untuk setiap pekerjaan. Ini berarti bahwa informasi selalu tersedia bagi kami, siapa pun penggunanya. Kami juga telah menghubungkan sistem lemari angkat vertikal besar yang ada dengan Toolbase dan mengoperasikan lemari Toolbase tambahan yang dapat dikunci, sehingga memberikan kami jaringan pasokan terdesentralisasi untuk bahan habis pakai dalam produksi kami ."

Pelatihan pengguna menegaskan bahwa perangkat lunak memiliki struktur yang sangat praktis. "Tidak ada fitur tambahan yang mewah pada antarmuka pengguna, ini berkonsentrasi pada hal-hal penting," tegas Stefan Echle. "Karyawan produksi dan orang-orang di tool room yang bekerja dengan produk tidak memiliki masalah dalam memahami dan menggunakannya."

Apa saja kemampuan WinTool?
Sebagai solusi perangkat lunak untuk Tool dan Data Management, WinTool memungkinkan pengumpulan dan penggunaan data dari alat, master dan peralatan pengoperasian serta program dan proses mesin CNC. Berkat struktur modularnya, pengguna dapat "memulai dari yang kecil" dengan WinTool, kata Stefan Echle, "dengan awalnya hanya memasukkan data cutting tool dan tool holder. Ini adalah langkah pertama: mengumpulkan dan menyempurnakan data tool mereka." Untuk memastikan hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan efisien, WinTool menyediakan database terbuka yang dapat digunakan untuk mengimpor data yang ada dari sistem perangkat lunak data lainnya. Data 2D dan 3D yang disediakan secara online oleh produsen juga dapat diimpor dengan mudah.

Langkah pertama ini saja sudah memberikan pengguna gambaran umum tentang tool mana dan tool sejenis (sister tools) yang tersedia dalam produksi dan di mana lokasinya. Pada langkah kedua, pengguna dapat menghabiskan stok awal dan mengoptimalkan lebih lanjut stok tool mereka berdasarkan konsumsi yang ditentukan dari waktu ke waktu.

“Masa pakai masing-masing alat potong juga dapat disimpan di WinTool, yang penting untuk memaksimalkan penggunaan alat potong dalam proses pemesinan,” kata Stefan Echle, menambahkan kekuatan lain dari sistem ini: “Merakit tool lengkap dalam 3D jauh lebih mudah di WinTool dibandingkan di sistem CAM." Untuk transfer selanjutnya ke CAD/CAM, WinTool menawarkan 25 antarmuka langsung ke semua sistem umum - ideal untuk perusahaan seperti HAIMER yang menggunakan lebih dari satu sistem CAD/CAM. Thimo Rotter, Manajer Area Penjualan di WinTool, merangkum: "WinTool adalah pusat data optimal untuk semua informasi alat dan, berkat koneksi ke CAM, ERP, Toolbase, presetter, dan sistem perangkat lunak lainnya, pelanggan memiliki akses ke data yang seragam dan relevan kapan saja dan di mana saja."

Tentu saja, WinTool dapat melakukan lebih banyak hal, dan HAIMER akan memperluas penggunaannya selangkah demi selangkah. Perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai perpustakaan untuk material kerja serta untuk data CNC, proses dan manajemen stok. Keuntungannya: Waktu pemrograman dan set up yang lebih singkat, stok alat yang berkurang, dokumentasi yang terintegrasi, dan pada akhirnya produktivitas yang lebih tinggi.

Temukan tool yang tepat dengan cepat dan aman - berkat HAIMER Toolbase
Pelengkap sempurna untuk sistem Tool Management adalah sistem dispensing Toolbase yang cerdas, sistem tool dispensing yang didukung perangkat lunak dan mudah digunakan. “Kami juga telah melengkapi lemari dispensing yang ada dengan perangkat lunak Toolbase,” jelas Stefan Echle, “dan kami sangat puas. Sistem dispensing menghemat proses yang memakan banyak biaya, seperti mencari tool yang tepat, pengendalian stok berkelanjutan, dan menentukan kebutuhan konsumsi. "

Idealnya Toolbase sebagai modul logistik dipadukan dengan WinTool karena antarmukanya tersedia dan telah dicoba dan diuji berkali-kali. Namun, Toolbase juga dapat digabungkan dengan sistem Tool Management lainnya atau dioperasikan secara manual sebagai solusi tingkat pemula. Stefan Echle menunjukkan bahwa untuk perusahaan kecil dan menengah, kombinasi mesin presetter HAIMER Microset dengan kabinet dispensing Toolbase adalah solusi yang bermanfaat: "Banyak proses dapat dibuat lebih ramping dan efisien dengan manajemen yang lebih ramping dan pergudangan otomatis."

Perangkat lunak Toolbase memungkinkan akses pengguna serta pencarian melalui barcode, chip RFID atau input manual dan memungkinkan peralatan dan bahan habis pakai untuk selalu diambil dengan benar tanpa pencarian yang memakan waktu. Peningkatan dalam hal waktu proses dan keandalan proses terlihat sejak hari pertama. Data konsumsi yang akurat juga menciptakan transparansi dan merupakan kunci pengelolaan gudang yang lebih efisien dan pengurangan biaya penyimpanan. “Kami telah mampu mengurangi stok kami dalam beberapa bulan pertama dan memperkirakan investasi pada sistem WinTool dan Toolbase akan terbayar dalam jangka waktu enam hingga 12 bulan,” kata Manfred Mayr, Manajer Pabrik dan seorang karyawan HAIMER lebih dari 45 tahun. “Sejak menit pertama, saya terkesan dengan kesederhanaan antarmuka pengguna WinTool dan Toolbase serta pengoperasian perangkat lunak yang intuitif. Operator mesin untuk lebih dari 120 mesin CNC kami di pabrik Motzenhofen mengambil sendiri bahan habis pakai melalui sistem dispensing. Pemesanan tool secara otomatis dari perangkat lunak Toolbase memastikan bahwa selalu ada persediaan tool yang cukup dan kami dapat berkonsentrasi penuh pada produksi sekitar 4.000 tool holder per hari."

Tool Management yang efisien dan digital dengan HAIMER
Bagi Managing Director Andreas Haimer, WinTool dan Toolbase adalah elemen penting dalam digitalisasi permesinan CNC: "Kami mendapat manfaat di fasilitas produksi kami sendiri dan mendapatkan pengalaman yang dengan senang hati kami sampaikan kepada pelanggan kami. Kami yakin bahwa Tool Management dengan produk analog dan digital HAIMER akan menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya otomatisasi. Semua sistem bersifat modular, sehingga setiap perusahaan dapat memilih titik masuk yang tepat untuk digitalisasi produksinya sendiri."

Inilah sebabnya mengapa semua mesin presetter HAIMER Microset dapat dilengkapi dengan WinTool sebagai fitur standar di masa depan. Karena jika data master tersedia di WinTool, kembaran digital dari tool yang lengkap dapat dibuat dan digunakan untuk simulasi hanya dalam beberapa menit tanpa masalah apa pun.
Menyangkut data master untuk alat potong dan tool holder HAIMER, perusahaan telah membuat semua parameter, file STEP dan DXF sesuai dengan DIN 4000 dan ISO 13399. Data tersebut tersedia untuk diunduh di situs web HAIMER dan Tooltracer platform.


Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase
HAIMER dan TCM telah menandatangani kemitraan kompetensi yang strategis dan jangka panjang. Markus Temmel (kanan), CEO TCM Group, dan Andreas Haimer (kiri), Presiden Haimer Group, berharap untuk lebih mengintensifkan kerja sama mereka. HAIMER telah mengakuisisi 25% saham WinTool AG, milik Grup TCM. Di masa depan HAIMER akan mendistribusikan Tool Management WinTool dan sistem tool dispensing Toolbase ke seluruh dunia. Sebagai imbalannya, TCM memperkuat posisi pasarnya di bidang bisnis Tool Management dengan menambah rangkaian produk HAIMER.


Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase
Thimo Rotter (kiri), Manajer Area Penjualan di WinTool AG, dan Stefan Echle (kanan), Kepala Manajemen Produk di HAIMER, senang dengan keberhasilan penerapan sistem Tool Manegement WinTool di pabrik besar HAIMER di Motzenhofen.


Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase
“Kami telah mampu mengurangi stok kami dalam beberapa bulan pertama dan mengharapkan investasi pada sistem WinTool dan Toolbase akan terbayar dalam jangka waktu enam hingga 12 bulan,” kata Manfred Mayr, Manajer Pabrik di lokasi produksi Motzenhofen dan seorang karyawan HAIMER selama lebih dari 45 tahun.


Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase
Dengan Tool Management WinTool baru dan sistem Tool Dispensing Toolbase, HAIMER menciptakan konsistensi digital dan analog dari proses tool room. Pelanggan kini dapat memperoleh semua komponen utama untuk efisiensi dan produktivitas yang lebih baik di tool room dari satu sumber.

www.haimer.com

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

Mitsubishi Electric Indonesia
Mulai Melakukan Penghematan Energi pada Pabrik – Kurangi atau Bayar?
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Machine and tools
  • Food Processing
  • Electric Installator
  • Automotive Manufacturing
  • Electronic Manufacturing
  • Maintenance
  • MES and manufacturing management
  • Energy Efficiency
  • Artificial Intelligence
Mitsubishi Electric Indonesia
Mitsubishi Electric: Mulai Wujudkan Smart Factory pada Pabrik dengan Melakukan Visualisasi Data secara Real-Time
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Machine and tools
  • Handling
  • Food Processing
  • Steel Process
  • Automotive Manufacturing
  • Electronic Manufacturing
  • Industrial Communications
  • Maintenance
  • Robotics
  • Industry 4.0

Join the 155,000+ IMP followers