www.indo-industry.com
HMS Industrial Networks AB

Jaringan industri tetap berkembang meski di masa sulit - Pangsa pasar jaringan industri 2022 menurut HMS Networks

Setiap tahun, HMS Networks menganalisis pasar jaringan industri untuk memperkirakan distribusi node baru yang terhubung dalam otomatisasi pabrik. Studi tahun ini menunjukkan bahwa pasar jaringan industri diperkirakan tumbuh 8% pada 2022. Ethernet industri masih menunjukkan pertumbuhan tertinggi dan kini mencapai 66% dari semua node baru yang dipasang (tahun lalu 65%).

Jaringan industri tetap berkembang meski di masa sulit - Pangsa pasar jaringan industri 2022 menurut HMS Networks

Pangsa pasar 2022 menurut HMS Networks - fieldbus, Ethernet industri, dan nirkabel.

Fieldbus mencapai 27% (28), sedangkan nirkabel tetap dalam 7% pangsa pasar. PROFINET dan EtherNet/IP sama-sama berada di posisi pertama untuk peringkat jaringan dengan 17% pangsa pasar, tetapi EtherCAT mulai mendekat dengan cepat, kini mencapai 11%.

HMS Networks kini menyajikan analisis tahunan tentang pasar jaringan industri, yang berfokus pada node baru yang dipasang dalam otomatisasi pabrik di seluruh dunia. Sebagai penyuplai solusi independen dalam ICT (Information and Communication Technology/Teknologi Komunikasi dan Informasi) Industri, HMS memiliki insight penting terkait pasar jaringan industri. Studi 2022 mencakup perkiraan pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan fieldbus, Ethernet industri, dan teknologi nirkabel.

Dalam studi ini, HMS menyimpulkan bahwa pasar jaringan industri terus bertumbuh dan total pertumbuhan pasar pada 2022 diperkirakan naik 8%, yang mengonfirmasi bahwa konektivitas jaringan masih menjadi persoalan penting di pabrik.

Ethernet Industri tumbuh dengan stabil

Dengan naik 10%, Ethernet Industri terus mendominasi pangsa pasar. Ethernet industri kini mencapai 66% pasar global node baru yang dipasang di otomatisasi pabrik (dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 65%). EtherNet/IP dan PROFINET sama-sama menduduki posisi pertama dengan 17% pangsa pasar, tetapi EtherCAT membuat lompatan besar dan mencapai angka dua digit untuk pertama kalinya dengan 11% pangsa pasar. Kinerja Modbus-TCP yang baik membuatnya mencapai 6% pangsa pasar.

Fieldbus berkembang kembali
Fieldbus kini mencapai 27% pangsa pasar dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 28%. Namun, ada fakta menarik di balik angka ini. HMS menyimpulkan bahwa meskipun angka pangsa pasar turun 1%, angka node fieldbus yang dipasang sebenarnya diperkirakan tumbuh 4% pada 2022 dibandingkan tahun lalu, setelah mengalami penurunan dalam beberapa tahun. Alasan utama yang diyakini adalah pabrik lebih memilih solusi jaringan industri yang terkemuka dalam masa yang tak menentu karena efek korona dan situasi komponen yang menantang.

PROFIBUS tetap menjadi fieldbus yang paling banyak dipasang dengan 7% pangsa pasar, diikuti dengan Modbus-RTU pada angka 5% dan CC-Link 4%. Menariknya, TCP dan RTU, teknologi milik Modbus, terus digunakan oleh banyak konsumen yang juda di pabrik modern, keduanya mencapai 11% dari pasar tahun 2022 dibandingkan dengan tahun lalu.

Kasus penggunaan nirkabel naik - Dampak 5G masih belum diketahui
Nirkabel naik 8%, dan ini sama dengan tingkat pertumbuhan pasar jaringan rata-rata, sehingga tetap dalam angka 7% pangsa pasar. Kasus penggunaan umum meliputi aplikasi penggantian kabel, akses mesin nirkabel, dan konektivitas ke peralatan industri yang mobile. Pasar masih menanti penggunaan dan dampak 5G dalam instalasi otomatisasi pabrik generasi selanjutnya.

Jejaring industri merupakan kunci untuk produktivitas dan keberlanjutan dalam produksi
»Konektivitas jaringan industri merupakan kunci utama untuk memenuhi target produktivitas dan keberlanjutan dalam produksi modern, dan ini adalah penggerak utama untuk pertumbuhan yang kami lihat dalam pasar jejaring industri,» ungkap Anders Hansson, Chief Marketing Officer di HMS Networks. »Pabrik-pabrik ini bukan hanya terus berusaha untuk mengoptimalkan produktivitas dan keberlanjutan, tetapi juga kualitas, fleksibilitas, dan keamanan siber. Kami tahu bahwa jejaring industri yang solid merupakan kunci untuk memenuhi semua target ini. Selagi kami melihat pertumbuhan di seluruh area jaringan, menarik untuk melihat teknologi fieldbus terkemuka kembali mengalami pertumbuhan.»

Variasi jaringan regional
EtherNet/IP dan PROFINET menjadi yang terdepan di Eropa dan Timur Tengah, sedangkan PROFIBUS dan EtherCAT berada di posisi kedua. Jaringan lain yang populer adalah Modbus (RTU/TCP) dan Ethernet POWERLINK. Pasar AS didominasi oleh EtherNet/IP, disusul oleh EtherCAT yang mengalami pertumbuhan yang kuat dan memperoleh pangsa pasar. PROFINET memimpin pasar Asia yang terpecah-pecah, diikuti dengan EtherNet/IP dan pesaing kuat CC-Link/CC-Link IE Field, EtherCAT, PROFIBUS, dan Modbus (RTU/TCP).

VIDEO:
HMS TechTalk, Anders Hansson memberi latar belakang pada studi tahun ini dan berkomentar akan hasilnya.

Cakupan:

Studi ini mencakup perkiraan HMS untuk 2022 berdasarkan jumlah node baru yang dipasang dalam Otomatisasi Pabrik. Node yang didefinisikan sebagai mesin atau perangkat yang terhubung ke jaringan lapangan industri. Angka yang ditampilkan mewakili pandangan HMS yang dikonsolidasi, mempertimbangkan insight dari kolega di industri, statistik penjualan kami sendiri, dan persepsi pasar secara keseluruhan.


Jaringan industri tetap berkembang meski di masa sulit - Pangsa pasar jaringan industri 2022 menurut HMS Networks

Anders Hansson, Chief Marketing Officer, HMS Networks

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

HMS Industrial Networks AB
HMS Networks Memperluas Jajaran Gateway Generasi Berikutnya dengan Anybus Communicator EtherCAT Main Device
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • IT
  • Industry 4.0
HMS Industrial Networks AB
Pertumbuhan berkelanjutan untuk Ethernet Industri dan jaringan nirkabel - Pangsa pasar jaringan industri 2023 menurut HMS Networks
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • IT
  • Industry 4.0
Red Lion
Platform Automasi Red Lion FlexEdge Intelligent Edge Mengintegrasikan IT dan OT
  • Automation
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • Security
  • IT
  • Industry 4.0

Join the 155,000+ IMP followers