www.indo-industry.com
HMS Industrial Networks AB

Jaringan industri terus berkembang meskipun dilanda pandemi - Pangsa pasar jaringan industri 2021 menurut HMS Networks

Setiap tahun, HMS Networks melakukan studi pasar jaringan industri untuk menganalisis distribusi simpul terhubung baru dalam otomatisasi pabrik. Studi tahun ini menunjukkan bahwa, terlepas dari pandemi Corona, pasar jaringan industri diperkirakan akan tumbuh sebesar 6% pada tahun 2021. Industrial Ethernet masih menunjukkan pertumbuhan tertinggi dan kini memiliki 65% simpul baru terpasang (64% tahun lalu), sedangkan fieldbus 28% (30). Jaringan nirkabel terus menanjak dan kini mencapai 7%. PROFINET mengungguli EtherNet/IP di peringkat teratas jaringan dengan pangsa pasar 18% dibandingkan dengan 17%.

Jaringan industri terus berkembang meskipun dilanda pandemi - Pangsa pasar jaringan industri 2021 menurut HMS Networks
Pangsa pasar 2021 menurut HMS Networks - fieldbus, Ethernet industri, dan nirkabel.

 
Saat ini HMS Networks menyajikan analisis tahunan mereka tentang pasar jaringan industri, yang berfokus pada simpul baru terpasang dalam otomatisasi pabrik secara global. Sebagai pemasok solusi independen dalam TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Industri, HMS memiliki wawasan inti tentang pasar jaringan industri. Studi 2021 mencakup perkiraan pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan fieldbus, Ethernet industri, dan teknologi Nirkabel.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa pasar jaringan industri menunjukkan tanda-tanda stabilitas kembali dan HMS memperkirakan total pasar akan tumbuh 6% pada tahun 2021.

Ethernet industri berkembang dengan mantap

Tumbuh 8%, Ethernet Industri terus mengambil pangsa pasar. Saat ini Ethernet Industri sekarang menguasai 65% pasar global dari simpul baru terpasang dalam Otomasi Pabrik (dibandingkan dengan 64% tahun lalu). EtherNet/IP dan PROFINET berlomba untuk menempati peringkat pertama, tetapi tahun ini PROFINET mengungguli EtherNet/IP di peringkat teratas jaringan dengan pangsa pasar 18% dibandingkan dengan 17%. Secara global, EtherCAT terus berkinerja baik dan saat ini menyamai fieldbus PROFIBUS terkemuka dengan pangsa pasar 8%. Disusul Modbus TCP dengan pangsa pasar 5% dan bersama dengan rekannya fieldbus, Modbus RTU, teknologi Modbus ini sekarang menguasai 10% pasar, menegaskan pentingnya keberlanjutan mereka secara global dalam instalasi pabrik.

Penurunan fieldbus terhenti

Penurunan fieldbus yang sedang berlangsung seperti yang dilaporkan oleh HMS dalam beberapa tahun terakhir hampir terhenti dengan penurunan fieldbus hanya -1% pada tahun 2021, karena pabrik cenderung tetap menggunakan teknologi lama ke tingkat yang lebih tinggi dalam masa ketidakpastian, seperti selama pandemi. Saat ini Fieldbus menguasai 28% pangsa pasar dari total jumlah simpul baru terpasang (30% tahun lalu). PROFIBUS masih menjadi pemimpin fieldbus yang nyata dengan pangsa pasar 8%, disusul Modbus-RTU 5%. dan CC-Link 4%.

Nirkabel di sini tetap bertahan


Nirkabel terus berkembang pesat dengan angka 24%. Saat ini nirkabel memiliki 7% pangsa pasar tetapi pasar masih menunggu dampak penuh penerapan 5G di pabrik. Dengan aktivitas global teknologi seluler nirkabel sebagai pendukung manufaktur cerdas tingkat lanjut yang sedang berlangsung, HMS berharap permintaan pasar perangkat dan mesin yang terhubung secara nirkabel untuk dilibatkan dalam arsitektur otomatisasi nirkabel dan fleksibel di waktu mendatang akan terus meningkat.

Manufaktur yang cerdas dan berkelanjutan membutuhkan jaringan

»Konektivitas jaringan industri untuk perangkat dan mesin adalah kunci untuk memperoleh manufaktur yang cerdas dan berkelanjutan, dan ini merupakan pendorong utama pertumbuhan yang kami lihat di pasar jaringan industri,» ujar Anders Hansson, Direktur Pemasaran HMS Networks. »Pabrik terus bekerja untuk mengoptimalkan produktivitas, keberlanjutan, kualitas, fleksibilitas, dan keamanan. Jaringan industri yang tangguh adalah kunci untuk mencapai tujuan ini.»

Perubahan jaringan regional

EtherNet/IP dan PROFINET memimpin di Eropa dan Timur Tengah disusul PROFIBUS dan EtherCAT di peringkat berikutnya. Jaringan populer lainnya adalah Modbus (RTU/TCP) dan Ethernet POWERLINK. Pasar AS didominasi oleh EtherNet/IP dengan EtherCAT memperoleh sebagian pangsa pasar. PROFINET dan EtherNet/IP memimpin pasar Asia yang terfragmentasi, disusul oleh pesaing kuat CC-Link/CC-Link IE Field, PROFIBUS, EtherCAT dan Modbus (RTU/TCP).

Cakupan:

Studi ini mencakup perkiraan HMS selama 2021 berdasarkan jumlah simpul baru terpasang dalam Otomasi Pabrik. Simpul didefinisikan sebagai mesin atau perangkat yang terhubung ke jaringan lokasi industri. Angka-angka yang disajikan mewakili pandangan konsolidasi HMS, dengan mempertimbangkan wawasan dari kolega di industri, statistik penjualan kami sendiri, dan persepsi pasar secara keseluruhan.


Jaringan industri terus berkembang meskipun dilanda pandemi - Pangsa pasar jaringan industri 2021 menurut HMS Networks

Anders Hansson, Direktur Pemasaran, HMS Networks

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

HMS Industrial Networks AB
HMS Networks AB (publ) akuisisi mayoritas Procentec B.V
  • Automation
  • Horizontal
  • Management and corporate news
  • Electronic Manufacturing
  • Industrial Communications
  • IT
  • MES and manufacturing management
  • Industry 4.0
FAULHABER GROUP
FAULHABER Singapore Pte Ltd rebranded as FAULHABER Asia Pacific Pte Ltd. FAULHABER takes over Sales & Services in Thailand
  • Automation
  • Horizontal
  • Mechanics Drives
  • Management and corporate news
HMS Industrial Networks AB
HMS Networks rilis router dan kit starter 5G industri yang pertama di dunia
  • Automation
  • Horizontal
  • Management and corporate news
  • Industrial Communications
  • Maintenance
  • Semiconductors
  • IT
  • MES and manufacturing management
  • Industry 4.0

Join the 15,000+ IMP followers