www.indo-industry.com
ABB News

ABB mendorong transformasi digital industri manufaktur dengan solusi terintegrasi

Divisi Process Industries ABB membantu bisnis merampingkan proses melalui transformasi digital.

ABB mendorong transformasi digital industri manufaktur dengan solusi terintegrasi
Deepak Goyal, Digital Sales Manager ABB Process Industries Asia Tenggara

Adapun sektor utama ABB Process Industries ialah pulpdan kertas,semen, logam, pertambangan, gearless mill drive (GMD), hoist, makanan dan minuman, otomatisasi data center, rectifier daya tinggi, dan baterai.

Transformasi digital mengubah secara fundamental bagaimana suatu organisasi beroperasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan pelanggannya. Menurut Forrester Analytics Business Technographics, di tahun 2021, hanya 43% perusahaan di Indonesia yang sedang melakukan transformasi digital. Meski begitu, transformasi digital sangat penting untuk dilakukan, terutama dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko pelanggaran, dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Metode kerja yang lama kian mengalami disrupsi karena perusahaan ingin menumbuhkan budaya digital dan meningkatkan kemampuan karyawan agar siap menghadapi transformasi yang terjadi.

Solusi transformasi digital dari ABB dikembangkan untuk mendorong dan mengelola proses dalam skala industri. Diawali dengan mengidentifikasi tujuan masa depan perusahaan, kegiatan ini berlanjut ke tahap pembuatan arsitektur digital, lalu memetakan dengan jelas perjalanan transformasi digital yang akan berlangsung sebelum menerapkan perubahan strategis di manajemen perusahaan. Setelah itu, dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence, machine learning, dan ekosistem yang ada, ABB akan fokus memberikan beragam solusi yang menguntungkan bagi para pelanggan.

Solusi Perangkat Lunak untuk Operasional yang Unggul (Operational Excellence)
ABB menawarkan berbagai solusi digital yang cerdas dan fleksibel untuk mendukung perkembangan berbagai industri di era Industri 4.0. Solusi perangkat lunak yang ditawarkan dapat membantu perusahaan dalam mewujudkan strategi bisnis yang konsisten dan andal. Dengan sistem operasional yang terintegrasi dan real-time lintas pabrik dan perusahaan, software ABB memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya, dapat menurunkan risiko dan biaya operasional, meningkatkan pendapatan melalui penerapan operasional yang baik, dan terus mendorong perbaikan serta perubahan jangka panjang dalam budaya organisasi.

Manufacturing Operations Management (MOM) dari ABB meliputi Manufacturing Execution System (MES), Process and Production Intelligence (PIMS), Overall Equipment Intelligence (OEE), Laboratory Information Management System (LIMS), Statistical Process Control (SPC), Historian, Integration, Data Management, Industrial Analytics, dan AI.

Smartsteel melt shop ABB menjadi contoh keberhasilan dalam menggabungkan antara prinsip dasar produksi dengan digitalisasi. Sebagai yang pertama dalam menciptakan solusi cerdas, ABB berhasil membantu dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi energi, dan keamanan pekerja pabrik. Selain itu, dengan kemampuan untuk melacak kondisi peralatan, sistem ABB dapat mencegah hal-hal yang dapat menurunkan efisiensi produksi maupun kerusakan pada perlengkapan dan peralatan pabrik.


ABB mendorong transformasi digital industri manufaktur dengan solusi terintegrasi

Solusi Perangkat Lunakuntuk Kinerja Proses Perusahaan(Process Performance)
ABB Process Performance Software Solutions dapat memaksimalkan profitabilitas proses industri secara terus menerus, hemat waktu, dan sistematis. Selain menangkap throughput tambahan, pemulihan, dan kualitas yang konsisten, penggunaan energi dan bahan habis pakai juga berkurang. Software tersebut juga dapat menganalisis dan menerapkan efisiensi biaya dalam batasan proses industri, membandingkan kinerja proses organisasi, dan mengevaluasi keandalan pengukuran dan potensi pengoptimalan. Hal-hal ini akhirnya mempercepat operasi otonom dalam industri proses.

Software untuk Kinerja Proses Perusahaan dari ABB merupakan solusi canggih yang dapat mengidentifikasi hubungan antar parameter yang rumit melalui pemantauan, analitik, dan simulasi. Model prediktif yang dinamis juga dapat mempelajari pola yang ada dan menyesuaikan dengan perubahan. Terlebih lagi, teknisi proses dari perusahaan dapat mengajari mesin untuk menggunakan data yang ada untuk meningkatkan akurasi teknik AI/ML dan membangun operasi otonom terpercaya. Software Kinerja Proses Perusahaan dari ABBmencakup Advanced Process Control, Digital Twin and Simulation, Manajemen Alarm, Kinerja Kontrol Loop, dan fitur canggih lainnya.

Manajemen Performa Aset (Asset Performance Management)
Industri global saat ini banyak berfokus untuk menghasilkan keuntungan lebih dari aset yang dimiliki, meningkatkan produktivitas dan daya saing secara konsisten, memastikan keberlanjutan, dan bertransformasi secara digital. Untuk aspek-aspek tersebut, ABB memberikan solusi tepat dengan Asset Performance Management (APM). APM yang baru dikembangkan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin (ABB Ability Genix APM Suite), memiliki layanan pemeliharaan prediktif dan pengoptimalan kinerja aset (ABB Ability Advanced Series).

Solusi ini dapat membantu organisasi yang ingin meningkatkan skala operasional, terhubung dengan lebih banyak sumber data, mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kinerja aset mereka, dan memperkirakan umur aset serta biaya untuk 10-20 tahun ke depan.


ABB mendorong transformasi digital industri manufaktur dengan solusi terintegrasi

Genix APM Predict untuk operator dan engineer
Solusi Perangkat Lunakuntuk Keberlanjutan Industri (Sustainability)

Solusi digital dari ABB mendorong organisasi untuk memastikan manajemen energi dan kontrol emisi yang optimal di semua lokasi atau area proses, dengan merancang, menggunakan, dan mengelolanya dengan benar. ABB membantu industri yang berfokus pada energi, untuk memenuhi komitmen keberlanjutan serta memaksimalkan penghematan biaya energi dengan modul Sistem Manajemen Energi (EnMS) skala industri.

Sistem tersebut dibuat secara khusus dan fleksibel untuk beradaptasi dengan proses produksi spesifik, energy mix pasar lokal, dan regulasi. Terlebih lagi, ABB menawarkan beberapa fitur pemantauan dan pelaporan untuk meningkatkan efisiensi energi, kepatuhan terhadap ESG dan produktivitas; perencanaan dan prediksi untuk menghindari risiko permintaan dan pasokan energi, harga tertinggi, biaya penalti; dan pengoptimalan energi holistik untuk memanfaatkan volatilitas harga energi dan fleksibilitas proses. Skenario tersebut di terapkan untuk menghasilkan produksi optimal yakni penghematan hingga 15% biaya energi.

Dengan menjamin ketersediaan data, Sistem Pemantauan Emisi Prediktif ABB dapat mengurangi investasi yang dibutuhkan untuk menghasil solusi yang tepat dan sesuai dengan regulasi. Solusi digital ABB untuk pabrik pengolahan air industri juga membantu mengurangi penggunaan energi dan bahan kimia.

Pertambangan merupakan salah satu industri yang menggunakan solusi perangkat lunak keberlanjutan dari ABB. Melalui eMine, ABB mengintegrasikan elektrifikasi, otomatisasi, dan teknologi digital. Dengan menghubungkan semua solusi software ABB secara digital, proses industri dapat dipantau dan dikendalikan untuk mengoptimalkan pengoperasian dan penggunaan energi secara real-time.



Tenaga Kerja Terintegrasi (Connected Workforce)
ABB telah mengembangkan aplikasi Connected Worker untuk membantu pekerja di lapangan dalam menjalankan prosedur manual maupun instruksi maintenance melalui aplikasi seluler atau aplikasi HoloLens. Supervisor dapat menetapkan, menjadwalkan, melacak alur kerja, dan menentukan instruksi dan prosedur kerja menggunakan alat "no-code".

Penggabungan perangkat mobile dan AR membantu meningkatkan keselamatan dan pengetahuan karyawan, serta melibatkan pengguna dalam peningkatan berkelanjutan dalam lingkup pekerjaan (SOP) dan berbagi pengalaman proses kerja. Dengan teknologi yang mutakhir, ABB Ability™ Connected Worker mendigitalisasi sepenuhnya pengalaman operator lapangan, termasuk teknologi augmented reality (AR) yang dapat diaktifkan dari jarak jauh.

Hal tersebut menghubungkan pekerja ke sistem kontrol terdistribusi (DCS) untuk membaca data yang tidak tersedia di lapangan atau memasukkan pengukuran lapangan yang tidak tersedia di DCS dan memastikan jejak audit yang lengkap. ABB juga membantu mengurangi waktu untuk mengambil keputusan atau pelatihan, meningkatkan kolaborasi jarak jauh, keamanan dan produktivitas, dengan menggabungkan perangkat mobile dan AR dengan bantuan manusia dan simulasi.

Melalui inovasi tersebut, ABB memberdayakan organisasi dalam melakukan terobosan ditempat kerja dan membantu karyawan untuk menguasai keterampilan yang diperlukan - dengan cepat dan efektif - di mana pun mereka berada.

Keamanan Siber (Cyber Security)
Dengan semakin berkembangnya teknologi operasional (OT) dan proses cloud eksternal, perusahaan tidak hanya memiliki kapabilitas baru, tetapi juga menghadapi risiko yang lebih tinggi terhadap serangan siber. Menurut sebuah penelitian, Asia merupakan wilayah yang paling banyak mengalami serangan siber, dimana lebih dari 1 dari 4 serangan siber dialami di Asia.

44% serangan ransomware disebabkan oleh sistem software yang lemah. ABB menerapkan solusi end-to-end selama 24/7 untuk keamanan siber. Melalui layanan Industrial Cyber Security, ABB mengumpulkan data untuk memastikan level kontrol keamanan perusahaan, memberi pelatihan dan konsultasi yang diperlukan untuk melindungi data dan operasi perusahaan di setiap tahap.

Salah satu contoh layanan keamanan siber dari ABB adalah ABB Ability System 800xA. Dikembangkan mengikuti SD3+C Security Framework yang dibuat oleh Microsoft, ABB Ability System 800xA menanamkan software untuk keamanan siber dalam semua fase produk, proyek, dan siklus hidup industri. Solusi dari ABB tersebut memaksimalkn keamanan perusahaan dengan proses otomatisasi yang sesuai dengan potensi dan kerentanan perusahaan. Hal ini dilakukan dengan membangun pondasi keamanan siber yang kuat dan komprehensif serta memastikan karyawan perusahaan memiliki keahlian yang tepat.

www.abb.com

Join the 155,000+ IMP followers